Jumat, 28 Agustus 2015   |   Sabtu, 13 Dzulqaidah 1436 H
33
Anda pengunjung ke
Sejak 01 Muharam 1428
( 20 Januari 2007 )
IMAGE GALLERY
AGENDA

 

RESENSI BUKU

Page « 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 »
16 Desember 2010

Orang-orang Sakai di Riau: Masyarakat Terasing dalam Masyarakat Indonesia

Orang-orang Sakai di Riau: Masyarakat Terasing dalam Masyarakat IndonesiaEra 90-an, istilah “suku terasing” merupakan istilah yang banyak diberitakan di media masa melalui kajian-kajian antropologi dan kependudukan. Istilah ini merujuk pada masyarakat yang hidup di pedalaman hutan di seluruh Indonesia. Istilah sebenarnya lahir dari konsepsi pemerintah orde baru melalui Departemen Sosial yang berusaha memetakan penduduk ... detail... »
16 Desember 2010

Folklor Indonesia

Folklor IndonesiaMungkin Anda akan muak ketika menonton tayangan televisi berupa sinetron yang mengungkap legenda kampung tertentu, dongeng asal mula sungai, kisah tokoh masyarakat tertentu, atau kisah tentang kepercayaan rakyat pada sebuah pohon. Sinetron dengan tema-tema seperti ini sedang marak akhir-akhir. Masyarakat intelektual mencela tayangan ini karena dian... detail... »
16 Desember 2010

Manusia dan Kebudayaan Indonesia

Manusia dan Kebudayaan IndonesiaEra 90-an, istilah “suku terasing” merupakan istilah yang banyak diberitakan di media masa melalui kajian-kajian antropologi dan kependudukan. Istilah ini merujuk pada masyarakat yang hidup di pedalaman hutan di seluruh Indonesia. Istilah sebenarnya lahir dari konsepsi pemerintah orde baru melalui Departemen Sosial yang berusaha memetakan penduduk ... detail... »
13 Desember 2010

Kangkung Kembang Danau Bangkau

Kangkung Kembang Danau BangkauSatu lagi karya Djarani E. M yang penting untuk dibaca, khususnya bagi para guru Bahasa Indonesia baik di tingkat SD, SLTP, maupun SMU. Sama seperti buku penulis sebelumnya yang berjudul Lelehe Petualangan anak-anak Balai Hunjur Meratus Kalimantan Selatan, buku karya Djarani E.M juga berkisah tentang cerita seorang anak kampung bernama Johan yang b... detail... »
13 Desember 2010

Identitas Suku di Perbatasan, Studi di Kecamatan Sebatik, Nunukan, Kalimantan Timur

Identitas Suku di Perbatasan, Studi di Kecamatan Sebatik, Nunukan, Kalimantan TimurBuku di hadapan Anda ini adalah sebuah upaya sederhana Balai Sejarah dan Nilai Tradisional (jarahnitra), Pontianak untuk mendokumentasikan kehidupan masyarakat Indonesia yang ada di perbatasan, tepatnya di Pulau Sebatik. Pulau ini terletak di Kalimantan Timur, berbatasan dengan Tawau dan Sabah Malaysia. Keadaan masyarakat Sebatik yang kurang diperh... detail... »
03 Desember 2010

Lelehe, Petualangan Anak-anak Balai Hunjur Meratus Kalimantan Selatan

Lelehe, Petualangan Anak-anak Balai Hunjur Meratus Kalimantan SelatanBuku di hadapan Anda ini adalah naskah cerita yang berkisah tentang kehidupan Urang Bukit atau Suku Bukit atau Suku Dayak Bukit, suku asli yang mendiami pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan. Belakangan suku ini lebih senang disebut Suku Dayak Meratus, karena Dayak Bukit sudah terlanjur dimaknai banyak orang sebagai "orang gunung". Menurut istil... detail... »
Page « 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 »